Saturday, March 9, 2013

Kue Sus Isi Vla Vanilla

Nich cemilan enaak & gampang buatnya ^^ perdana bikin lgs berhasil sukses dilahap Anya ^^ diambil dr http://www.justtryandtaste.com/2011/07/kue-sus-isi-vla-vanilla.html
Bahan choux pastry:
- 70 gram tepung terigu serba guna (mis. Segitiga Biru, bisa juga menggunakan Kunci Biru)
- 1/2 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 57 gram mentega (jika mentega telah asin tidak perlu menambahkan garam)
- 120 ml air
- 2 butir telur, kocok lepas

Glaze:
- 1 butir telur kocok dengan 1/8 sendok teh garam halus

Topping, jika suka:
- gula bubuk secukupnya untuk taburan

Bahan vla vanilla:
- 4 butir kuning telur
- 50 gram tepung maizena
- 100 gram gula halus (haluskan gula pasir menggunakan blender)
- 500 ml susu cair
- 1 sendok teh vanilla ekstrak
- 50 gram mentega

Jika anda akan menggunakan krim kental sebagai isinya, berikut resepnya:
- 240 ml heavy whipping cream
- 1/2 sendok teh vanilla ekstrak
- 1 sendok makan gula pasir

Cara membuat:
Membuat choux pastry
Panaskan oven, set disuhu 205'C. Letakkan rak pemanggang di tengah. Siapkan loyang pemanggang, alasi dengan kertas roti pada permukaannya. 

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, garam dan gula, aduk rata. Sisihkan.
Siapkan panci kecil, anti lengket lebih baik, masukkan air dan mentega. Masak menggunakan api sedang hingga mentega meleleh dan mendidih. Aduk-aduk selama memasaknya.  Angkat panci dari api kompor, segera masukkan tepung, aduk cepat menggunakan sendok kayu atau spatula hingga tercampur rata. Letakkan kembali panci di kompor, menggunakan api kecil, masak adonan hingga menjadi gumpalan yang smooth dan pekat serta tidak menempel di panci. Aduk terus selama adonan di masak (1- 2 menit). Angkat. 
 
Tuangkan adonan di mangkuk agak lebar, menggunakan mikser tangan, kocok adonan dengan speed rendah untuk mengurangi panas dan menghilangkan uap panas yang terperangkap di dalam adonan, kira-kira 1 - 2 menit. Jika adonan mulai terasa hangat tidak terlalu panas lagi, masukkan kocokan telur, dan lanjutkan mengocok menggunakan mikser dengan speed rendah hingga terbentuk pasta yang kental, pekat dan sangat lengket. Matikan mikser. 
 
Siapkan plastik segitiga, letakkan spuit untuk menyemprotkan adonan di ujungnya, gunakan spuit ukuran yang besar. Masukkan adonan ke dalam plastik, ikat rapat. Gunting ujung plastik segitiga sehingga ujung spuit keluar dari plastik. Semprotkan adonan ke atas loyang yang telah dialasi kertas roti/kertas baking. Gerakkan spuit melingkar dan akhiri dengan menyemprotkan adonan diatas lingkaran.  Beri jarak lebar antar adonan, karena ketika dipanggang akan mengembang besar. Adonan kira-kira bisa untuk membuat 10 - 12 puffs. 

Catatan: Jika anda tidak memiliki spuit, cukup masukkan ke plastik, gunting ujungnya dan semprotkan adonan ke atas loyang.  

Olesi permukaan kue dengan glaze (1 butir telur + 1/8 sendok teh garam) menggunakan kuas halus secara hati-hati dan gerakan lembut.

Panggang kue dengan suhu 205'C selama 15 menit, kemudian turunkan suhu menjadi 177'C dan lanjutkan memanggang selama 30 - 40 menit hingga permukaan kue menjadi berwarna coklat keemasan dan ketika di iris bagian dalamnya mengering. Matikan oven, dengan pintu oven dalam kondisi terbuka biarkan kue hingga mengering sempurna, kira-kira 10-15 menit. Saya tidak melakukan bagian yang terakhir ini karena menurut saya kue telah cukup kering dan oven saya panasnya kadang-kadang tidak terkontrol sehingga permukaan kue mulai berwarna kecoklatan. Keluarkan puffs dan dinginkan di rak kawat. 
 
Membuat vla vanilla:
Dalam mangkuk kecil, masukkan tepung maizena, gula halus, dan kuning telur. Aduk rata menggunakan spatula balon. Sisihkan. 
 
Masukkan susu ke panci, rebus hingga mendidih menggunakan api kecil. Angkat. 

Ambil kira-kira 200 ml susu panas, tuangkan ke adonan telur dan tepung. Aduk cepat menggunakan spatula balon hingga menjadi adonan yang smooth dan tercampur baik. Masukkan adonan ke sisa susu panas di panci. Masak kembali menggunakan api kecil sambil adonan di aduk-aduk agar tidak gosong hingga menjadi pasta yang kental. Angkat. 

Masukkan mentega ke dalam adonan panas, aduk hingga mentega meleleh dan tercampur baik dengan adonan. Biarkan uap panasnya menghilang, tutup permukaan panci dengan plastik wrap dan masukkan ke kulkas hingga dingin. 


Mengisi sus: 
Siapkan puffs pastry, belah menjadi dua bagian dengan cara mengguntingnya, jangan sampai putus ya. Sisihkan. 

Siapkan plastik segitiga, beri spuit pada bagian ujungnya, masukkan adonan vla ke dalam plastik, ikat plastik rapat. Gunting ujung plastik dan dorong hingga ujung spuit keluar dari plastik. Semprotkan vla ke kue yang telah digunting, secukupnya. Tutup dengan bagian kulit lainnya. Lakukan hingga semua kue dan vla habis. Tata di piring dan taburi permukaannya dengan gula halus menggunakan ayakan kecil, jika suka

No comments:

Post a Comment